SUMO

Hiyori Kon, perempuan penantang tradisi sumo Jepang – BBC News Indonesia | #100Women

Di Jepang, sumo adalah dunia maskulin. Perempuan tidak boleh coba-coba.

Olah raga gulat tradisional Jepang ini diatur oleh ritual Shinto. Perempuan, yang dianggap tidak murni, dilarang memasuki lingkaran suci.

Imbasnya, perempuan yang ingin mencoba olahraga ini hanya bisa bertarung di level amatir. Itu pun mereka masih mendapat banyak diskriminasi.

“Sulit mendapat pelatih yang paham kebutuhan kami. Makanya, banyak yang menyerah sebelum sampai puncak,” kata Hiyori Kon, salah satu pesumo perempuan.

Namun, Hiyori tidak mau menyerah. Saat ini dia bertanding di level sumo amatir yang memperbolehkan perempuan ikut serta. Cita-citanya adalah menghapuskan diskriminasi di olah raga yang dia cintai tersebut.

“Sumo membuat saya bahagia,” ujar Hiyori. “Saya harap sumo amatir untuk perempuan ini bisa masuk ke Olimpiade dan disukai banyak orang di seluruh dunia.”

Video ini adalah bagian dari seri khusus BBC 100 Women, yakni Laporan BBC tentang 100 perempuan yang menginspirasi dan paling berpengaruh di tahun 2019, untuk memberi kita pandangan tentang masa depan yang dipimpin perempuan.

============
Berlangganan channel ini di: https://bit.ly/2Mkg9hY
Instagram: https://www.instagram.com/bbcindonesia/
Twitter: https://twitter.com/BBCIndonesia
Facebook: https://www.facebook.com/BBCNewsIndonesia/

Accorhotels.com (アコーホテルズ)
Translate »